You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Tajug
Desa Tajug

Kec. Karangmoncol, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

DANGIR DESA TAJUG PADA BULAN ASURO TAHUN BARU ISLAM ( MUHAROM )

Administrator 23 Agustus 2023 Dibaca 121 Kali
DANGIR  DESA TAJUG PADA BULAN ASURO TAHUN BARU ISLAM ( MUHAROM )

Dangir adalah kegiatan tradisi Budaya Desa Tajug yang sudah dilksanakan oleh nenek moyang kita diwaktu lampau, Yang artinya membersihkan wilayah di sekitar Pekuburan untuk dibulan Suro atau tahun baru setiap bulan Muharam. Namun Masyarakat Tajug bukan memebersihkan diwaktu itu saja di hari hari yang lain mereka tetap melaksanakannya.

Masyarakat banyak yang mengikuti pada kegiatan tersebut yang dimulai kurang lebih Pukul 07.00 wib s/d pukul 10.00 wib.Pada Pelaksanaan Dangir dibulan Tahun ini dilksanakan pada Hari Minggu tanggal 30 Juli 2023, Para pelaksana kegiatan tersebut diikuti oleh Bapak Kepala Desa Tajug ( Bapak Kuswoyo ), Perangkat Desa, Tokoh Masyarakt Para Penggerak oleh Ketua RT/RW dan Masyarakat umum lainnya.

Momen momen ini adalah momen kegiatan Rutin Tahunan. Dalam kegiatan tersebut tidak ketinggalan para Ibu ibu memasak daging Kambing pada pagi itu juga yang ditempatkan di Mushola Sumur Gowok ( cagar budaya Desa Tajug ). Biasanya Pagi pagi sebagian Bapak bapak untuk menyembelih kambing dan Ibu Ibu memasaknya.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image